Sebelum menentukan Tujuan Pembelajaran (TP), saya telaah dulu isi Dokumen Capaian (CP) Informatikan. Di dalamnya terdapat bagian Rasionalisasi, Tujuan, Karakteristik dan Elemen Capaian Pembelajaran.
Penting untuk mengatahui sebelum menetukan TP. Ini hasil telaah dokumen CP Informatikan, semoga bisa bermanfaat.
Selamat menyimak.
Informatika merupakan disiplin ilmu yang mengintegrasikan sains, rekayasa, dan teknologi berbasis logika dan matematika. Mata pelajaran ini bertujuan membekali peserta didik dengan kemampuan
(1) berpikir komputasional,
(2) literasi digital, serta
(3) keterampilan praktis untuk menjadi problem solver yang kreatif dan kritis.
Selain itu, pembelajaran Informatika mendorong pembentukan warga digital yang
(1) berbudaya,
(2) beretika,
(3) produktif, dan mampu
(4) meminimalisasi dampak negatif teknologi.
Proses pembelajaran dilaksanakan secara inklusif, baik dengan metode
(1) unplugged (tanpa komputer) maupun
(2) plugged (dengan komputer), serta terintegrasi dengan mata pelajaran lain seperti Pancasila, Bahasa, Matematika, dan Sains.
Mata pelajaran Informatika bertujuan membentuk peserta didik menjadi:
Well-being and wise digital citizen yang bijak, beretika, dan seimbang dalam kehidupan digital.
Computationally literate creators yang terampil dalam:
Berpikir komputasional untuk menyelesaikan masalah secara logis, sistematis, dan kreatif.
Berkolaborasi dan berkomunikasi secara etis di masyarakat digital.
Menghasilkan solusi berbasis rekayasa informatika dengan memadukan pengetahuan multidisiplin.
Pembelajaran Informatika menerapkan prinsip engineering process dengan mengintegrasikan empat elemen:
Berpikir Komputasional
Literasi Digital
Analisis Data
Algoritma dan Pemrograman
Proses pembelajaran berbasis inkuiri, masalah, dan proyek (inquiry-based, problem-based, project-based learning), serta menyesuaikan konteks lokal dan fasilitas sekolah.
Capaian pembelajaan terdiri dari beberapa elemen yg nantinya dijadikan sebagai referensi dalam menentukan Tujuan Pembelajaran. Nah, di dalam mata pelajaran Informatikan, terdapat 4 elemen, yaitu :
a. Berpikir Komputasional
Keterampilan pemecahan masalah berjenjang melalui pemodelan dan simulasi untuk menghasilkan solusi efektif, efisien, dan optimal.
Melibatkan penalaran logis, kritis, dan kreatif berbasis data.
b. Literasi Digital
Kecakapan bermedia digital dengan etika, budaya, keamanan diri, dan keseimbangan hidup di dunia nyata-maya.
Kemampuan mengakses, mengelola, mengevaluasi, dan menciptakan informasi secara aman.
c. Analisis Data
Kemampuan menstrukturkan, memproses, menganalisis, dan menyajikan data dalam bentuk teks, audio, gambar, atau video.
Fokus pada pengambilan keputusan dan prediksi berbasis komputasi.
d. Algoritma dan Pemrograman
Mengembangkan solusi melalui instruksi algoritmik terstruktur yang dapat dijalankan manusia atau komputer.
Bertahap dari program sederhana hingga kompleks, dengan paradigma pemrograman prosedural.
Note :
Keempat elemen di atas saling terkait dan disesuaikan beban belajarnya sesuai kondisi satuan pendidikan, dengan pendekatan tematik dan kolaboratif.